Banyak cara merubah / meng-convert file ms. word (.doc, .docx) menjadi file .pdf, salah satunya adalah dengan menggunakan sebuah aplikasi yang bernama doPDF. Menurut saya cara ini cukup mudah, caranya adalah :
- Download dulu doPDF v.7 di sini ! atau dari situs resminya di sini !
- Instal doPDF
- Buka file .doc atau .docx yang akan diconvert ke .pdf menggunakan Ms. Word
- Pada Ms. Word, klik menu File atau Office Button (Word 2007) kemudian klik Print seperti biasa apabila kita akan mencetak naskah.
- Tapi... jangan langsung di Ok untuk mencetak, pilih dulu jenis printer nya... ! Di sana akan ada doPDF sebagai printer. Maka pilihlah doPDF sebagai printer !
- Barulah klik Ok setelah printernya menggukanakan doPDF,
- Selanjutnya akan muncul menu doPDF, terserah... disana tinggal pilih-pilih deh options yang anda perlukan dan yang terakhir klik Ok deh...... maka file dokument anda sudah ada salinannya berupa file .pdf dan otomatis dibuka oleh Adobe Reader.